Senin, 17 April 2017

#STMISIIUTS2A - Modul CRM

Selamat malam ..../^^\
kali ini saya akan membahas tentang modul CRM
Hasil gambar untuk modul crm


A.    Pengertian CRM
" CRM merupakan sebuah pendekatan baru dalam mengelola hubungan korporasi dan pelanggan pada level bisnis sehingga dapat memaksimumkan komunikasi, pemasaran melalui pengelolaan berbagai kontak yang berbeda dengan pelanggan. Pendekatan ini memungkinakan untuk mempertahankan pelanggan dan memberikan nilai tambah terus menerus pada pelanggan, selain juga memperoleh keuntungan yang berkelanjutan. " 

B.     Fungsi dari CRM :
Ø  Mengidentifikasi faktor-faktor yang penting bagi pelanggan.
Ø  Mengusung falsafah customer-oriented (customer centric)
Ø  Mengadopsi pengukuran berdasarkan sudut pandang pelanggan
Ø  Membangun proses ujung ke ujung dalam melayani pelanggan
Ø  Menyediakan dukungan pelanggan yang sempurna
Ø  Menangani keluhan/komplain pelanggan
Ø  Mencatat dan mengikuti semua aspek dalam penjualan
Ø  Membuat informasi holistik tentang informasi layanan dan penjualan dari pelanggan

C.     Skenario seorang CRM
1.      Data Perusahaan
Nama Perusahaan
PT.Kaktus Berduri
Jenis Perusahaan
supplier-non material di bidang jasa katering
Tanggal Berdiri Perusahaan
9 September 1999
Alamat Perusahaan
Jl. Letjen Suprapto 26 Cempaka Putih , Jakarta Pusat
No. Telpon
021 - 8448205
Email
ptkbe.stmisii1@gmail.com

2.      Alur
Ø  Menambahkan Customers.
Customer baru “PT.KITA,yeyen” yang belum terdaftar.
Klik Sales -> Customers -> Create ->save.


Ø  Menambahkan Entry Lead
Dalam hal ini customer dari PT. KBE berminat untuk melakukan transaksi pembelian ketering makanan.
Klik Leads -> Create -> Masukan customer yang tadi sudah dibuat -> save.

Ø  Convert to Opportunity.
klik Convert to Opportunity -> Pilih Conversion Action : Convert to Opportunity dan Related Customer : Create a new customer lalu Klik Create Opportunity.


Ø  Edit Target Revenue & Percentage.
Klik Edit -> Masukan nominaal serta % keuntungan dalam transaksi yang ingin dilakukan.

Ø  Scheduling Logged Calls
membuat perencanaan menghubungi calon customer. Sebelum menghubungi, pastikan perusahaan mengetahui tujuan yg ditulis dalam internal memo saat membuat lead serta profile customer yang dibuat saat entry data customer dalam sub profiling. Hal ini sangat berguna, karena peran CRM dalam jangka panjang adalah menjaga tingkat kepuasan customer dalam transaksi yang pada akhirnya customer menjadi loyal terhadap perusahaan atau produk yg dipasarkan.

Ø  Kembali ke Opportunities
maka akan muncul kanban sesuai progres dari hasil interaksi antara perusahaan dengan customer

Ø  Form View
menjelaskan secara detail dari calon customer serta requirement customer, dengan hasil follow up sudah dalam tahap negotiation dan jika melakukan “Create Quatation” maka akan otomatis menjadi Won.

Ø  Setelah transaksi dan negosiasi selesai, maka akan diminta untuk membuat Quotations.

Ø  Quotations telah dibuat
Klik Edit -> Add an item -> isi -> save.

Ø  Setelah Quotations dibuat, klik Confirm Sale sehingga berubah menjadi Seles Order. Fase selanjutnya adalah Create Invoice.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar