Selamat malam ..../^^\
A. Pengertian CRM
" CRM merupakan sebuah pendekatan baru dalam
mengelola hubungan korporasi dan pelanggan pada level bisnis sehingga dapat
memaksimumkan komunikasi, pemasaran melalui pengelolaan berbagai kontak yang
berbeda dengan pelanggan. Pendekatan ini memungkinakan untuk mempertahankan
pelanggan dan memberikan nilai tambah terus menerus pada pelanggan, selain juga
memperoleh keuntungan yang berkelanjutan. "
B. Fungsi dari CRM :
Ø Mengidentifikasi faktor-faktor
yang penting bagi pelanggan.
Ø Mengusung falsafah
customer-oriented (customer centric)
Ø Mengadopsi pengukuran
berdasarkan sudut pandang pelanggan
Ø Membangun proses ujung ke ujung
dalam melayani pelanggan
Ø Menyediakan dukungan pelanggan
yang sempurna
Ø Menangani keluhan/komplain
pelanggan
Ø Mencatat dan mengikuti semua aspek
dalam penjualan
Ø Membuat informasi holistik
tentang informasi layanan dan penjualan dari pelanggan
C. Skenario seorang CRM
1. Data Perusahaan
Nama Perusahaan
|
PT.Kaktus Berduri
|
Jenis Perusahaan
|
supplier-non material di bidang jasa katering
|
Tanggal Berdiri Perusahaan
|
9 September 1999
|
Alamat Perusahaan
|
Jl. Letjen Suprapto 26 Cempaka Putih , Jakarta Pusat
|
No. Telpon
|
021 - 8448205
|
Email
|
ptkbe.stmisii1@gmail.com
|
2.
Alur
Ø Menambahkan Customers.
Customer baru “PT.KITA,yeyen”
yang belum terdaftar.
Klik Sales -> Customers
-> Create ->save.
Ø Menambahkan Entry Lead
Dalam hal ini customer
dari PT. KBE berminat untuk melakukan transaksi pembelian ketering makanan.
Klik Leads -> Create
-> Masukan customer yang tadi sudah dibuat -> save.
Ø Convert to Opportunity.
klik Convert to
Opportunity -> Pilih Conversion Action : Convert to Opportunity dan Related
Customer : Create a new customer lalu Klik Create Opportunity.
Ø Edit Target Revenue & Percentage.
Klik Edit -> Masukan
nominaal serta % keuntungan dalam transaksi yang ingin dilakukan.
Ø Scheduling Logged Calls
membuat perencanaan
menghubungi calon customer. Sebelum menghubungi, pastikan perusahaan mengetahui
tujuan yg ditulis dalam internal memo saat membuat lead serta profile customer
yang dibuat saat entry data customer dalam sub profiling. Hal ini sangat
berguna, karena peran CRM dalam jangka panjang adalah menjaga tingkat kepuasan
customer dalam transaksi yang pada akhirnya customer menjadi loyal terhadap
perusahaan atau produk yg dipasarkan.
Ø Kembali ke Opportunities
maka akan muncul
kanban sesuai progres dari hasil interaksi antara perusahaan dengan customer
Ø Form View
menjelaskan secara
detail dari calon customer serta requirement customer, dengan hasil follow up
sudah dalam tahap negotiation dan jika melakukan “Create Quatation” maka akan
otomatis menjadi Won.
Ø Setelah transaksi dan negosiasi selesai, maka
akan diminta untuk membuat Quotations.
Ø Quotations telah dibuat
Klik Edit -> Add
an item -> isi -> save.
Ø Setelah Quotations dibuat, klik Confirm Sale
sehingga berubah menjadi Seles Order. Fase selanjutnya adalah Create Invoice.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar