Jumat, 17 Maret 2017

#STMISII1T02B - Review Blog Kelompok

Selamat Sore ... /^^\

Disini saya akan mereview blog kelompok. Blog kelompoknya yaitu :
(1) http://kaktusberduri-uperp20141.blogspot.co.id/
(2) http://kbe-uperp7.blogspot.co.id/
(3) http://kbe-uperp8.blogspot.co.id

Saya mulai saja saya mereview blog :

Review blog 1 dengan alamat webhttp://kaktusberduri-uperp20141.blogspot.co.id/
bisa diliat sini


1.       Posting pertama tanggal 7 November 2014 tentang profil PT. Kaktus Berduri
Perusahaan tersebut terdiri dari :
·         Bagian Purchase dijabat oleh Casper
·          Bagian Marketing dijbat oleh Pocahontas
·          Bagian IT(Master data) dijabat oleh Dorami
·         HRD dijabat oleh Ninjahatori dan Eeyore
·         Accounting & Finance dijabat oleh Aralechan & Masha
Perusahaan PT. Kaktus Berduri merupakan supplier non material dari PT. KITA yang bergerak dibidang jasa kuliner (Catering) dengan nama PT. Kaktus Berduri.
Untuk melihat profil perusahaan, dapat didownload di:
https://www.dropbox.com/s/bbt14lpa2eb8uos/BISNIS%20PLAN%20PT.%20KAKTUS%20BERDURI.pptx?dl=0

2.       Posting kedua tanggal 13 November 2014, berisi tentang profil lengkap perusahaan yang berisi :
Nama Perusahaan           : PT. Kaktus Berduri
Didirikan                       : 28 Oktober 2014
Alamat                          : Jl. Srengseng Sawah No 21 Jagakarsa, Jakarta Selatan
No Telepon                    : 021- 5554444
Email                            :
-       hrd.kb2014@gmail.com
-       acc.kb2014@gmail.com
Website                         : kaktusberduri-uperp20141.blogspot.com
Motto                            : A Guarantee for quality

3.       13 November 2014 tentang visi dan misi perusahaan yang berisi :
VISI
Menjadikan perusahaan kami menjadi perusahaan makanan terbaik dengan cita rasa yang tinggi dan pelayanan hidangan-hidangan sajian yang profesional dengan pilihan menu selera nusantara.
MISI
1.  Meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia guna menghasilkan produk dengan mutu terbaik.
2.  Memberi pelayanan terbaik kepada pelangga.
3.  Mengutamakan kesehatan, kebersihan dan kerapihan.
4.  Selalu berinovasi untuk menu, dekorasi dan pelayanan.
5.  Menciptakan lingkungan kerja yang sehat dan harmonis.
6.  Menciptakan suasana usaha yang nyaman.

4.       13 November 2014 tentang PRODUK DAN KEUNGGULAN
Disini perusahaan memberikan informasi tentang produk apa yang mereka produksi dan informasi tentang keunggulan-keunggulan perusahaan yang dapat dijadikan sebagai pertimbangan konsumen untuk mengkonsumsi produk dari perusahaan tersebut.
Dalam postingan ini terdapat nama-nama produk dan informasi seputar produk untuk di konsumsi.

5.       13 November 2014 tentang Tugas dan Tanggung Jawab Departemen HRD
Dalam tugas dan tanggung jawab departemen HRD ini meliputi :

·         HRD ( Human Resources of Development ) Manager

o    Fungsi dan lingkup pekerjaan

o    Uraian tugas dari HRD (Human Resources of Development) Manager

·         HRD ( Human Resources of Development ) Recruitmen

o    Tugas Pokok dan Tanggung Jaw

·         General Affair Supervisor

o    Tugas Pokok dan Tanggung Jawab

·         Tugas pokok dan tanggung jawab Non Material Warehouse Staff

·         Tugas Pokok dan Tanggung Jawab Compensation and Benefit Supervisor

·         Uraian tugas Payroll Staff

·         Uraian tugas Welfare Staff, dan

·         Uraian tugas Trainning & Development Supervisor

 

6.       14 November 2015 memuat tentang Tugas dan Tanggung Jawab Departemen Finance
Finance Staff/Staff Keuangan bertanggung jawab atas segala aktivitas keuangan, tugas utama dari jabatan ini yaitu melakukan pengaturan, transaksi, membuat laopran keuangan perusahaan. Didalam postingan ini terdapat prosedur tentang bagaimana Departemen Finance melakukan kegiatannya.

7.       14 November 2014 berisi tentang daftar supplier
Disinilah anda dapat melihat daftarnya : 

8.       Jumat 14 November 2014 tentang Tugas dan Tanggung Jawab Departemen Purchase
Purchasing officer mempunyai tugas untuk menanggani semua pembelian yang dilakukan oleh PT Kaktus Berduri, termasuk pembelian bahan baku yang diperlukan untuk proses produksi dengan mengeluarkan purchasing order (PO). 
Untuk menyusun PR, pihak Kitchen Planning harus menggunakan informasi yang tercantum dalam menu yang sudah dipilih oleh maskapai penerbangan dan feed back dari koki-koki yang bekerja di dapur.
Pemilihan menu merupakan proses tersendiri. Pihak Customer akan mendekati PT Kaktus Berduri dan mengajukan menu makanan yang diinginkan untuk makan para karyawan.
Setelah pihak Customer menentukan pilihan terhadap menu makanan, maka diadakan perjanjian kontrak yang menyangkut berapa lama menu tersebut akan dipakai dan harga yang disetujui dan kondisi kontrak lainnya. 

9.       14 November 2014 tentang TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB DEPARTEMEN PEMASARAN
a.       Departermen Pemasaran
Dipimpin oleh seorang Manajer Pemasaran yang bertanggung jawab kepada Direktur Utama.
b.       Divisi Penjualan
Dipimpin oleh seorang Asisten Manajer Penjualan yang bertanggung jawab kepada Direktur Pemasaran dan membawahi Sub Divisi Order Penjualan dan Pengiriman.
c.       Divisi Promosi
Dipimpin oleh seorang Asisten Manajer Promosi yang bertanggung jawab kepada Direktur Pemasaran dan membawahi Sub Divisi Riset Pasar dan Promosi.
d.       Sub Divisi Order Penjualan
Dipimpin oleh seorang Kepala Sub Divisi Order Penjualan yang bertanggung jawab kepada Asisten Manajer Penjualan dan membawahi beberapa staff di Divisi Order Penjualan.
e.       Sub Divisi Pengiriman
Dipimpin oleh seorang Kepala Sub Divisi Pengiriman yang bertanggung jawab kepada Asisten Manajer Penjualan dan membawahi beberapa staff di Divisi Order Penjualan.
f.        Sub Divisi Riset Pasar
Dipimpin oleh seorang Kepala Sub Divisi Riset Pasar yang bertanggung jawab kepada Asisten Manajer Promosi dan membawahi beberapa staff di Divisi Riset Pasar.
g.       Sub Divisi Promosi
Dipimpin oleh seorang Kepala Sub Divisi Promosi yang bertanggung jawab kepada Asisten Manajer Promosi dan membawahi beberapa staff di Divisi Promosi.

10.   19 November 2014 tentang TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB DEPARTEMEN ACCOUNTING Manajer Akuntansi adalah proses identifikasi, pengukuran, pengumpulan, analisis, penyiapan, dan komunikasi informasi financial yang digunakan oleh sesorang untuk perencanaan, evaluasi, pengendalian dalam suatu organisasi, serta untuk menjamin ketepatan penggunaan sumber-sumber dan pertanggung jawaban sumber-sumber tersebut.

11.   02 Desember 2014 tentang List Harga
Selain bergerak di bisnis catering, PT. Kaktus Berduri juga mencoba bergerak dibidang penjualan alat tulis kantor. Dan berikut adalah daftar barang dan price listnya: 

12.   4 Desember 2014 tentang Daftar Employee PT. kaktus Berduri
Postingan ini berisi daftar karyawan PT. Kaktus Berduri yang telah diinput di Aplikasi Open ERP

13.   4 Desember 2014 tentang Create User Employee PT. Kaktus Berduri
Dalam postingan ini berisi tentang membuat user untuk setiap employee PT. Kaktus Berduri yang bertujuan agar setiap karyawan dapat mengakses dan memonitor setiap pekerjaan yang telah berintegrasi.

14.   4 Desember 2014 tentang Departement PT. Kaktus Berduri
Dalam postingan ini berisi tentang membuat user dan mengisi daftar employee juga diwajibkan membuat departement yang ada di PT. Kaktus Berduri. Berikut adalah departement yang ada di PT. Kaktus Berduri.

15.   31 Mei 2015 tentang Profil Terbaru
Ini adalah data profil terbaru dari PT. Kaktus Berduri yang sudah diupdate, semoga data ini bisa membantu rekan-rekan agar bisa menyesuaikan dengan database yang ada saat ini.

16.   2 Juni 2015 berisi tentang Paket Imut Terbaru

17.   5 Juni 2015 tentang Produk-Produk KBE

18.   27 Juni 2015 berisi tentang Daftar Supplier PT KBE terbaru

19.   2 Juli 2015 berisi tentang Transaksi Sesuai Sesuai Dengan Fungsi Dalam Kelompok (Purchasing)
Dalam postingan ini terdapat contoh step by step proses transaksi.

20.   3 Juli 2015 berisi tentang JURNAL TRANSAKSI PT. KAKTUS BERDURI




Review blog 2 dengan alamat web : http://kbe-uperp7.blogspot.co.id/ bisa diliat di sini 

·         Post 1 yaitu BISNIS PLAN PT. KAKTUS BERDURI , post ini menceritakan tentang Profil PT. Kaktus Berduri (https://www.dropbox.com/s/bbt14lpa2eb8uos/BISNIS%20PLAN%20PT.%20KAKTUS%20BERDURI.pptx?dl=0)

·         Post 2 yaitu PROFIL PERUSAHAAN, post ini memberikan informasi perusahaan seperti alamat, email, no telpon, dll.

·         Post 3 yaitu VISI DAN MISI, post ini memberitahukan tentang visi misi perusahaan.

·         Post 4 yaitu PRODUK & KEUNGGULAN, post ini memberitahukan tentang berbagai macam paket menu dengan harga yang bervariasi beserta keunggulan produk yang ditawarkan.

·         Post 5 yaitu Tugas dan Tanggung Jawab Departemen HRD, post ini memberitahukan tentang Struktur Organisasi masing-masing posisi memiliki tugas dan tanggung jawab

·         Post 6 yaitu Tugas dan Tanggung Jawab Departemen Finance, post ini memberitahukan tentang deskripsi pekerjaan Finance Staff/Staff Keuangan yang lebih terperinci.

·         Post 7 yaitu DAFTAR SUPPLIER, post ini memberitahukan tentang kode, nama, npwp, dan alamat para supplier.

·         Post 8 yaitu Tugas dan Tanggung Jawab Departemen Purchase, post ini memberitahukan tentang tugas untuk menanggani semua pembelian yang dilakukan oleh PT Kaktus Berduri, termasuk pembelian bahan baku yang diperlukan untuk proses produksi dengan mengeluarkan purchasing order (PO).

·         Post 9 yaitu TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB DEPARTEMEN PEMASARAN, post ini memberitahukan tentang departemen pemasaran yang disusun oleh beberapa divisi dan sub divisi, dengan tugas dan wewenang masing-masing bagian.

·         Post 10 yaitu Tugas dan Tanggung Jawab Departemen Accounting, post ini memberitahukan tentang proses identifikasi, pengukuran, pengumpulan, analisis, penyiapan, dan komunikasi informasi financial yang digunakan oleh sesorang.

·         Post 11 yaitu Price List ATK, post ini memberitahukan tentang PT. Kaktus Berduri juga mencoba bergerak dibidang penjualan alat tulis kantor.

·         Post 12 yaitu Tugas ke-8 (Kelompok) : Daftar Employee PT. kaktus Berduri, post ini memberitahukan tentang daftar karyawan PT. Kaktus Berduri yang telah diinput di Aplikasi Open ERP

·         Post 13 yaitu Tugas ke -8 (Kelompok) Create User Employee PT. Kaktus Berduri, post ini memberitahukan tentang membuat user untuk setiap employee PT. Kaktus Berduri yang bertujuan agar setiap karyawan dapat mengakses dan memonitor setiap pekerjaan yang telah berintegrasi.

·         Post 14 yaitu Tugas ke-8 (Kelompok) ; Departement PT. Kaktus Berduri, post ini memberitahukan tentang membuat user dan mengisi daftar employee juga diwajibkan membuat departement yang ada di PT. Kaktus Berduri.

·         Post 15 yaitu Profil Terbaru, post ini memberitahukan tentang profil terbaru dari PT. Kaktus Berduri yang sudah diupdate.

·         Post 16 yaitu Daftar Supplier PT KBE terbaru, post ini memberitahukan tentang penambahan suplier.

·         Post 17 yaitu Produk-Produk KBE, post ini memberitahukan tentang produk-produk yang tawarkan kepada customer, saat ini produk sudah ready stock.

·         Post 18 yaitu Paket Imut Terbaru, post ini memberitahukan tentang produk PT. Kaktus Berduri punya paket imut dengan bentuk dan produk terbaru.

·         Post 19 yaitu JURNAL TRANSAKSI PT. KAKTUS BERDURI, post ini memberitahukan tentang terlampir jurnal transaksi yang terjadi di PT. Kaktus Berduri dari bulan ke-5 sampai dengan bulan ke-6.

·         Post 20 yaitu #ERPUAST01 Transaksi Sesuai Sesuai Dengan Fungsi Dalam Kelompok (Purchasing), post ini memberitahukan tentang pemeran Purchasing PT KBE pada saat melakukan transaksi dengan PT. STJ.

·         Post 21 yaitu #Daftar Suplier Terbaru, post ini memberitahukan tentang Daftar Supplier PT KBE terbaru.

·         Post 22 yaitu PT KBE Menjual Elektronik seperti Komputer dan Aksesoris komputer, post ini memberitahukan tentang Perusahaan PT Kaktus Berduri menjual barang-barang elektronik seperti komputer, laptop, PC serta aksesorisnya dengan penjelasannya/deskripsi dan harganya.

·         Post 23 yaitu #ERPT09A UAS TRANSAKSI DALAM KELOMPOK SESUAI DG MODUL/FUNGSINYA (ACCOUNTING & FINANCE), post ini memberitahukan tentang membuat panduan dan skenario fungsi modul accounting skenario nya adalah saya sebagai Finance & Accounting PT KBE mengirimkan Invoice kepada PT KITA.

·         Post 24 yaitu #‎ERPT09B TEMPLATE ACCOUNTING PT KBE, post ini memberitahukan tentang menyempurnakan template yang sudah ada menggunakan modul accounting.

·         Post 25 yaitu #‎ERPT09A Transaksi Dalam Kelompok Sesuai dengan Modul dan Fungsinya (Purchase), post ini memberitahukan tentang Video Tentang transaksi antar perusahaan dalam Modul Purchase dapat dilihat videonya di linknya https://www.youtube.com/watch?v=mUSlZIaQcgI&feature=youtu.be

·         Post 26 yaitu #ERPT09C BISNIS PROSES, post ini memberitahukan tentang membuat Bisnis Proses dalam Program BIZAGI, dan tugas ini dibagi beberapa level

·         Post 27 yaitu #‎ERPT09D (UAS) Mengisi google form, post ini memberitahukan tentang screen shoot yang berhasil diambil dalam pengisian form tersebut.



Review blog 2 dengan alamat web : http://kbe-uperp8.blogspot.co.id bisa diliat di sini


1.       Postingan 1 pada Blog PT KAKTUS BERDURI UPERP 8  pada Kamis, 29-Desember 2016 berisi tentang Profil, visi dan misi PT KAKTUS BERDURI yang merupakan supplier non material . Perusahaan tersebut terdiri dari :

Ø  Bagian Purchase dijabat oleh Retno Wahyuning Astuti
Ø  Bagian Sales dijabat oleh Ranovri Purba
Ø  Bagian Administrasi dijabat oleh Ismi Sakinah
Ø  Bagian HRD (Penggajian) dijabat oleh Riyanto
Ø  Bagian HRD (Rekrutmen, Cuti, Penilaian) dijabat oleh Ardi Febriansyah
Ø   Bagian Accounting & Finance dijabat oleh Leonardus Nainggolan
Ø  Bagian Accounting & Pajak dijabat oleh Dian Sholihin
Ø  Bagian Warehouse dijabat oleh Eugenius Audax Aditya
Ø  Bagian Khusus (Point of Sales) dijabat oleh Xaverius Benny Saputro
Ø  Bagian E-Commerce dijabat oleh Desi Putri Andriani 
Ø  Bagian Website dijabat oleh Abdul Harry Muniri
Ø  Bagian CRM/Marketing dijabat oleh Riyatno (Tidak ada keterangan Mahasiswa nya hingga saat ini) 
Ø  Bagian Messaging dijabat oleh Parlin Hendrik Zuiver Purba
Ø  Bagian Reporting dijabat oleh Indra Pratamawan


2.       Postingan 2 pada Blog PT KAKTUS BERDURI UPERP 8 pada Kamis, 29-Desember 2016 berisi tentang Bizagi Bisnis Proses PT Kaktus Berduri. Berikut diagram Proses Keseluruhan PT KAKTUS BERDURI.
Bisnis Proses Bizagi dibagi beberapa level ;
Ø  Level I              : SPC (Supplier – Perusahaan – Customer) - (Putih).
Ø  Level II             : P → Sales – Purchase – Accounting – HRD - (Hijau).
Ø   Level III           : Detail masing-masing Modul – (Bisnis Proses) - (Biru).
Ø  Level IV            : Odoo – Menu utama – Sub menu (Sub Bisnis Proses).
Ø  Level V             : Odoo – Transaksi – Form (Screenshot odoo) 

3.       Postingan 3 pada Blog PT KAKTUS BERDURI UPERP 8 pada Kamis, 29-Desember 2016 berisi tentang tugas 1 dari HERJUNOT ARDY C.ST dimana didalamnya terdapat link hasil tugasnnya yaitu http://sinchanuperp8.blogspot.co.id/2016/12/uperp8uas01a-bisnis-prosesmenggunakan.htmlhttp://sinchanuperp8.blogspot.co.id/2016/12/uperp0801b-jelaskan-bisnis-proses-hrd.html

4.       Postingan 4 pada Blog PT KAKTUS BERDURI UPERP 8 pada Kamis, 29-Desember 2016 berisi mengenai Bisnis Proses Kelompok saat Proses Transaksi. Dalam blog ini menggambarkan scenario transaksi antara PT KAKTUS BERDURI dengan PT KITA. Dimulai dari login lalu pilih PT KITA sebagai costumer sampai memilih produk yang akan dikirim atau dijual lalu akan mendapatkan invoice dari hasil penjualan lalu di validasi.

5.        Postingan 5 pada Blog PT KAKTUS BERDURI UPERP 8 pada Kamis, 29-Desember 2016 berisi tentang tugas 2 dari HERJUNOT ARDY C.ST dimana didalamnya terdapat link hasil tugasnnya yaitu ;
Ø  http://sinchanuperp8.blogspot.co.id/2016/12/uperpuas02c-menjelaskan-alur-tahapan.html - Menjelaskan tentang Alur tahapan dengan menggunakan Trello.
Ø  http://sinchanuperp8.blogspot.co.id/2016/12/uperp8uas02d-berkomunikasi-menggunakan.html -  Menjelaskan bagaimana berkomunikasi dengan slack.

6.       Postingan 6 pada Blog PT KAKTUS BERDURI UPERP 8 pada Kamis, 29-Desember 2016 berisi mengenai Video Skenario Modul Fungsi Sales menggunakan Odoo berikut link untuk melihat videonya https://www.youtube.com/watch?v=E9rH5xxDgQQ&feature=youtu.be
7.       Postingan 7 pada Blog PT KAKTUS BERDURI UPERP 8 pada Kamis, 29-Desember 2016 berisi tentang tugas 3 dari HERJUNOT ARDY C.ST dimana didalamnya terdapat link hasil tugasnnya yaitu ;
Ø   http://sinchanuperp8.blogspot.co.id/2016/12/uperp8uas03d-perbedaan-sebelum-dan.html - Mengenai Perbedaan sebelum dan sesudah modul ADD ONS diinstal.
Ø   http://sinchanuperp8.blogspot.co.id/2016/12/uperp803e-data-base-yang-tertampil-saat.html - Mengenai tampilan database Modul ADD ONS saat diinstal

8.       Postingan 8  pada Blog PT KAKTUS BERDURI UPERP 8 pada Kamis, 29-Desember 2016 berisi tentang scenario transaksi Purchasing PT KITA dan sales PT KAKTUS BERDURI dan proses transaksi bisa dilihat di https://www.gitbook.com/book/hamtarouperp8/odoo-kbe/edit#/edit/master/README.md?_k=z54hak .

9.       Postingan 9 pada Blog PT KAKTUS BERDURI UPERP 8 pada Kamis, 29-Desember 2016 berisi tentang tugas 4 dari HERJUNOT ARDY C.ST dimana didalamnya terdapat link hasil tugasnnya yaitu ; http://sinchanuperp8.blogspot.co.id/2016/12/uperp8uas04-menjelaskan-bisnis-proses.html  - Mengenai Bisnis Proses Pembelian

10.   Postingan 10 pada Blog PT KAKTUS BERDURI UPERP 8 pada Kamis, 29-Desember 2016 berisi tentang Penjelasan Alur/Tahapan Skenario Modul Fungsi Setting/Admin di Trello bias

11.   Postingan 11 pada Blog PT KAKTUS BERDURI UPERP 8 pada Kamis, 29-Desember 2016 berisi gambaran tentang Komunikasi dengan Accounting PT. KBE terkait adanya pembelian dari PT. KITA. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat di http://kbe-uperp8.blogspot.co.id/2016/12/uperpuas02d-ranovri-purba.html

12.   Postingan 12 dan 13 pada Blog PT KAKTUS BERDURI UPERP 8 pada Kamis, 29-Desember 2016 berisi tentang  Modul Add Ons (sale Order Line View) dimulai dari mendownload  hingga menginstall modul tersebut dan Cara menggunakan Modul ADD ONS tersebut.

13.   Postingan 14, 16, 17-25 pada Blog PT KAKTUS BERDURI UPERP 8 pada Kamis, 29-Desember 2016 hanya berisi tentang Nama dari anggota kelompok PT KAKTUS BERDURI UPER8.

14.   Postingan 15 pada Blog PT KAKTUS BERDURI UPERP 8 pada Kamis, 29-Desember 2016 berisi tentang penjelasan kegunaan Modul ADD ONS.

15.   Postingan 26 pada Blog PT KAKTUS BERDURI UPERP 8 pada Jumat, 06 Januari 2017 berisi tentang penjelasan bizagi proses bisnis PT KAKTUS BERDURI dengan melampirkan Diagram dan non diagram proses keseluruhan PT KAKTUS BERDURI serta modul fungsi setting/admin PT KAKTUS BERDURI yang tidak jauh berbeda dari postingan ke-2.

16.   Postingan 27 pada Blog PT KAKTUS BERDURI UPERP 8 pada Minggu, 08 Januari 2017 berisi tentang analisa sisi ERP dari salah satu transaksi jual-beli dengan menganalisa struk pembelian alfamart. Dan didalam blog ini menganalisis apa yang perlu diperbaiki serta kesimpulan dari ERP yang ada didalam proses transaksi jual-beli.

17.   Postingan 28 dan 29 pada Blog PT KAKTUS BERDURI UPERP 8 pada Minggu, 08 Januari 2017 berisi tentang gambaran tentang install modul Sales Order lines view Community pada odoo seperti penjelasan pada postingan 12 dan 13.

18.   Postingan 30 pada Blog PT KAKTUS BERDURI UPERP 8 pada Minggu, 08 Januari 2017 berisi tentang gambaran perbedaan sebelum dan sesudah install modul seperti yang sudah dijelaskan pada postingan blog ke-7 dari postingan/link dari harjunot pada link ke-4

19.   Postingan 31 pada Blog PT KAKTUS BERDURI UPERP 8 pada Minggu, 08 Januari 2017 berisi tentang penutupan dari PT KAKTUS BERDURI serta memberikan gambaran dari pengisian form pada google form yang diberikan linknya oleh Pak Agung Terminanto.
 
Sekian dari saya, terimakasih ... ^^



Tidak ada komentar:

Posting Komentar